Tips Memilih Pendingin Ruangan untuk Ruangan Kantor

Tips Memilih Pendingin Ruangan untuk Ruangan Kantor

Tips yang satu ini akan membahas tips-tips pendingin ruangan yang dipasang di kantor dan bangunan-bangunan lainnya. Meskipun konsep awalnya sama dengan pemasangan AC di rumah, ada beberapa hal yang yang harus diperhatikan sebelum memasang AC di kantor, lho. Terlebih di kantor ada sangat banyak kegiatan yang harus dilakukan tiap orang sehingga kenyamanan tempat kerja menjadi hal yang tidak bisa dinegosiasi.

Salah satu aspek terpenting dalam kenyamanan tempat kerja adalah kualitas udara dan suasana sejuk di dalam ruangan. Para karyawan perlu bekerja secara produktif, para klien pun perlu merasa nyaman ketika menghadiri pertemuan dengan perusahaan Anda dan kedua hal ini dijamin tidak akan tercapai jika suasana di kantor Anda tidak sejuk dengan kondisi udara yang baik. Terlebih di Jakarta yang memiliki rata-rata temperatur luar ruangan berkisar antara 27-33 derajat celcius, kondisi kantor yang sejuk tentu adalah sebuah keharusan. 

Ada beberapa perusahaan pendingin udara yang memfokuskan produknya untuk dipasang di tempat-tempat tertentu seperti perkantoran, supermarket, mini market dan restoran seperti Green Zone Survey. Mereka menawarkan AC komersial dalam berbagai harga, bentuk, dimensi, style, dan warna yang dapat disesuaikan dengan layout konsep perusahaan.

 Namun tak jarang juga yang menggunakan pendingin udara biasa di tempat kerja. Sebenarnya tidak masalah, asal Anda dapat memilih jenis AC yang tepat. Sebelum memilih jenis AC untuk dipasang di area perkantoran, Anda harus terlebih dahulu mengetahui apa yang Anda butuhkan, merek apa yang ingin Anda pakai, dan mengapa Anda memilih merek tersebut. Di lain pihak, Anda mungkin tidak mengetahui banyak hal mengenai AC, bukan? Inilah beberapa hal yang perlu Anda tahu.

1. Desain AC

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum bekerja sama dengan perusahaan penyedia AC untuk kantor Anda adalah menentukan terlebih dahulu desain pendingin ruangan seperti apa yang Anda butuhkan untuk ruangan kantor atau convenience store Anda. Anda juga perlu mempertimbangkan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh perusahaan penyedia AC. Pastikan juga mereka mengerti lingkungan seperti apa yang ingin Anda pasangi AC.

2. Beragamnya merek AC yang tersedia

Hal ini dapat menjadi keuntungan sekaligus kerugian ketika Anda memilih suatu perusahaan penyedia AC. Jenis merek AC yang beragam memungkinkan Anda untuk memilih salah satu yang paling cocok dengan kebutuhan, namun di sisi lain merek-merek yang melimpah ini dapat membuat Anda sulit untuk menjatuhkan pilihan karena setiap merek memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Maka dari itu, sebelum memilih merek AC yang diinginkan, ada baiknya Anda menentukan aspek apa saja yang Anda butuhkan pada sebuah AC sehingga akan memudahkan proses memilih brand AC yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Keterbukaan informasi dari perusahaan penyedia AC

Pilih perusahaan penyedia AC yang segala informasi dari profil, riwayat pekerjaan, dan testimoni pelanggan transparan untuk publik. Dengan melihat segala informasi mengenai penyedia jasa, akan sangat memudahkan Anda dalam membuat keputusan untuk mempercayakan atau tidak mempercayakan urusan pendingin ruangan pada perusahaan tersebut.

4. Ikuti peraturan perundang-undangan dalam memasang AC

Peraturan mengenai pendingin ruangan di Indonesia diatur dalam Permen Perindustrian No. 34/M-IND/PER/7/2013 mengatur tentang standar kualitas pendingin ruangan dan Permen ESDM No. 7 Tahun 2015 tentang standar energi yang diperbolehkan pada sebuah perangkat pendingin ruangan. Pastikan pendingin ruangan yang Anda pilih telah memenuhi peraturan tersebut jika Anda tidak ingin bermasalah dengan pihak berwajib di kemudian hari.

5. Pilih produk yang efisien terhadap energi

Jangan buat bumi kita semakin rusak karena menggunakan perangkat-perangkat yang tidak hemat energi. Gunakan jenis pendingin ruangan yang paling efisien terhadap energi.

6. Tingkat kebisingan yang ditimbulkan oleh AC

Anda tentu tidak ingin kenyamanan di tempat kerja Anda terganggu suara-suara bising yang ditimbulkan oleh mesin pendingin ruangan. Untuk alasan ini, gunakan AC dengan suara mesin yang paling sunyi, atau jika bersuara, jangan sampai terlalu mengganggu kenyamanan bekerja.

7. Adanya layanan purna jual yang baik seperti service resmi yang berkualitas

Tidak ada seorang pun yang mengharapkan AC di ruangan kantornya rusak, namun Anda harus bersiap untuk hal yang terburuk, bukan? Agar Anda tidak perlu berpusing-pusing di masa depan ketika AC mulai berulah, pastikan Anda membeli unit AC dari perusahaan yang menyediakan layanan purna jual dan service yang terbaik. 

Jangan sampai produktivitas pekerja menurun dikarenakan pendingin ruangan tidak bekerja dengan semestinya. Untuk Anda yang bekerja di daerah Jakarta Barat, jika Anda menemukan indikasi kerusakan pada unit AC di kantor, segera bawa AC tersebut ke penyedia jasa service AC Jakarta Barat untuk  dapat ditangani oleh ahlinya secepat mungkin

Demikianlah tujuh tips yang dapat bermanfaat untuk Anda memilih perusahaan penyedia AC untuk area kerja Anda. Terapkan, dan selamat bekerja dengan produktivitas maksimal!

Komentar