TV Layar QLED Baru Samsung Dirilis di Indonesia


Samsung menghadirkan inovasi terbarunya di Indonesia, yakni televisi berteknologi layar QLED. Televisi dengan teknologi layar ini diklaim memberi 100 persen volume warna yang lebih sempurna.

"Kualitas gambar merupakan salah satu faktor utama bagi konsumen dalam memilih televisi. Saat ini teknologi quantum dot masih menjadi yang terbaik dalam menghadirkan gambar, terutama saat menonton tayangan HDR," kata Ubay Bayanudin, Senior Product Marketing Manager TV and Audio Visual, PT.Samsung Electronics Indonesia, dalam acara peluncuran di Nusa Dua, Bali (16/5/2017).

Quantum dot merupakan teknologi rancang ulang dari nano crystal. Menurut Ubay, teknologi ini lebih aman bagi lingkungan, stabil, dan hemat energi.

"Dalam penyempurnaan teknologi quantum dot, bisa dihasilkan spektrum warna sampai 100 persen," ujarnya.

Selain warna yang lebih tajam, Samsung QLED TV ini juga secara otomatis dan presisi menyesuaikan tingkat kecerahan tayangan dan kontras yang ditampilkan sesuai kondisi pencahayaan ruangan.

Walau memiliki tampilan warna yang tajam, tetapi menurut Ubay kenyamanan mata tetap terjaga. "Ada dua faktor yang memengaruhi kenyamanan menonton TV, yaitu resolusi dan konten. Semakin tinggi resolusi dan kontennya, ditonton dari jarak dekat pun tetap nyaman," ujarnya.

Hadir dalam tiga rangkaian seri terbaru, Q7,Q8, dan Q9, ukuran 55, 65, 75, dan 88 inci, televisi ini juga dilengkapi oleh kabel fiber optik untuk menghubungkan televisi dengan perangkat lain. Kabel yang tak terlihat ini akan membuat interior menjadi lebih rapi tanpa persoalan kabel.


Selain desainnya yang sleek dan elegan, televisi ini juga cukup membutuhkan satu remote untuk mengendalikan berbagai perangkat hiburan, mulai dari speaker, dekoder, hingga pemutar dvd.
"Saat ini setiap device ada remote-nya, dengan Samsung QLED TV ini, cukup satu remote yang terpadu dengan aplikasi Smart View di iOS dan Android sudah bisa mengatur banyak device," kata Ubay.

Vega Susatyo, TV and Audio Visual Director PT.Samsung Indonesia menambahkan, saat ini kebiasaan menonton konsumen telah berubah, mereka lebih banyak menggunakan gawai untuk mengakses hiburan. Namun, tak sedikit konsumen yang menganggap smart tv sulit dioperasikan.

"Televisi harus lebih smart, apalagi milenial juga ingin televisi bisa dioperasikan semudah smartphone. Kami pun menghadirkan Samsung smart hub yang mudah dioperasikan," kata Vega.

Untuk mendukung kebutuhan interior, Samsung QLED TV memiliki dua aksesori penyangga, yaitu Studio Stand yang bisa membuat televisi dipajang dengan tripod seperti lukisan, serta Gravity Stand yang hadir dalam berbagai elemen desain, salah satu dapat diputar 180 derajat.

Pilihan lain untuk konsumen yang ingin memasang televisi di dinding adalah aksesori No-Gap Wall Mount, sehingga tidak ada jarak antara TV dan dinding. Televisi pun tergantung cantik menempel di dinding.

Komentar